Pengalaman Membuat Sepeda Hias Anak Untuk Memeriahkan 17 Agustus

Sepeda hias anak


Sudah dua tahun berturut-turut, aku rutin menghias sepeda anak untuk memeriahkan momen 17 Agustus. Ya, lomba sepeda hias adalah salah satu lomba yang dinanti-nanti oleh anakku. Dia merasa happy banget ketika melihat sepedanya dihias sedemikian rupa. 

Gimana gak happy, kami (aku dan suami) selalu niat menghias sepedanya dengan bentuk-bentuk yang unik dan berbeda dari yang lain. Iya! Kita emang se-ambis itu. Wkwk. 

Tahun pertama ikut lomba sepeda hias, kami menghias sepeda dengan bentuk burung garuda. Menang gak? Oh tentu aja! Kami berhasil meraih juara 3 dong. 

Gak puas dapat juara 3, tahun berikutnya kami ikutan lagi dan berharap sepeda yang kami hias yang paling unik dan berbeda dari yang lain. Saat itu, kami memutuskan untuk menghias sepeda dengan bentuk pesawat tempur. Dua hari dua malam kami begadang untuk menghias sepeda (niat banget ya kan?) 

Dan Alhamdulillah, akhirnya bener-bener berhasil meraih juara 1 dong. Anaknya auto senang bukan main, pun begitu dengan emak bapaknya yang ambis ini. 



Nah, tahun ini gak berasa udah masuk bulan Agustus lagi aja. Artinya sebentar lagi kita bakal merayakan hari kemerdekaan yang salah satunya akan ada lomba sepeda hias (lagi). Akankah mamak mengikutkan anak untuk lomba sepeda hias lagi? Kemungkinan besarnya sih, iya! Tapi belum kepikiran mau bikin apa. Pengennya sih yang gampang aja tapi hasilnya bagus. 

Ide Bentuk Sepeda Hias Anak Untuk Lomba 17 Agustus 


Walaupun mamak masih belum kepikiran mau bikin bentuk apa untuk lomba sepeda hias anak di acara 17 Agustus nanti, tapi sebenarnya mamak udah punya beberapa ide, 

#1. Sepeda Hias Bentuk Excavator 

Sebenarnya dari tahun lalu udah kepikiran mau bikin sepeda hias bentuk excavator. Tapi pas lihat tutorialnya di youtube kok ya rasanya gak memungkinkan ya. Selain proses pembuatannya yang cukup sulit, rumit dan butuh waktu yang lama, sementara kami gak punya banyak waktu buat ngebikin bentuk excavator ini. Alhasil, kami urungkanlah niat ini dan cari ide lain yang lebih simpel. 

#2. Sepeda Hias Tema Kendaraan 

Tema lain yang menarik menurutku adalah bentuk transportasi atau kendaraan, seperti mobil/Tayo, becak, delman perahu, motor polisi, mobil tank. 

#3. Sepeda Hias Bentuk Burung Merak 

Kalau tahun sebelumnya sudah membuat sepeda hias dengan bentuk burung Garuda, kayaknya tahun ini boleh juga sih bentuk burung Merak 

#4. Sepeda Hias Bentuk “Lomba Panjat Pinang” 

Bentuk yang satu ini juga cukup menarik sih, walaupun agak repot ya nampaknya. Jadi kita membuat replika perlombaan panjat pinang gitu untuk menghias sepedanya. 

#5. Sepeda Hias Sederhana 

Kalau udah mentok dan semisal gak ada waktu, ya paling di hias biasa aja pakai kertas atau plastik merah putih dan pernak perniknya. 

Belanja Kebutuhan Hias Sepeda Hias Anak di Tokopedia 

Sepeda hias anak


Untuk memenuhi kebutuhan dekorasi sepeda, aku berbelanja di Tokopedia. Pilihan ku jatuh pada Tokopedia karena platform ini menawarkan berbagai produk dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang dapat diandalkan. Berikut beberapa barang yang ku beli saat hias sepeda anakku di tahun lalu, 

Kertas Krep dan Kertas Karton 

Aku membeli kertas lipat berwarna merah dan putih untuk melapisi bagian badan sepeda. Kertas karton aku gunakan untuk membuat huruf “HUT RI 78” dan melapisi bagian bentuk sayap pesawat.

Bendera Plastik 

Aku juga membeli bendera plastik kecil yang ku letakkan di bagian belakang pesawat, juga di depan (kanan dan kiri stang sepeda) 

Aksesoris Tambahan 

Aku juga membeli berbagai aksesoris tambahan seperti stiker bendera Indonesia, juga untuk keperluan diluar sepeda hias seperti gelas plastik dan sendok plastik. 

Kemudahan Berbelanja di Tokopedia 


Berbelanja di Tokopedia untuk kebutuhan sepeda hias ternyata sangat memuaskan, diantaranya 

#1. Kemudahan Akses dan Pencarian 

Antarmuka Tokopedia yang user-friendly memudahkan ku dalam mencari produk yang dibutuhkan. Fitur pencarian dan kategori produk sangat membantu. 

#2. Pilihan Produk yang Lengkap 

Tokopedia menyediakan berbagai pilihan produk dengan variasi harga dan kualitas. Jadi, aku bisa memilih produk sesuai dengan budget dan kebutuhan. 

#3. Transaksi Aman dan Mudah 

Proses pembayaran di Tokopedia juga sangat aman dan mudah. Banyak pilihan metode pembayaran yang tersedia, mulai dari transfer bank, e-wallet, hingga COD. 

#4. Pengiriman Cepat dan Aman 

Pengiriman barang sangat cepat dan aman. Semua produk tiba dalam kondisi baik dan sesuai dengan deskripsi. 

Pengalaman membuat sepeda hias untuk 17 Agustusan itu memang sangat menyenangkan dan berkesan. Dengan bantuan Tokopedia, semua kebutuhan dekorasi dapat terpenuhi dengan mudah dan efisien. Berkreasi dalam menghias sepeda tidak hanya memupuk semangat kebangsaan tetapi juga memberikan kebanggaan tersendiri saat karya kita diapresiasi oleh orang lain. Semoga pengalaman ku ini bisa menginspirasi teman-teman dan juga memicu semangat ku lagi untuk ikut serta dalam lomba sepeda hias tahun ini. 

Dan, btw, menurut kalian, tahun ini enaknya menghias sepeda dengan tema apa ya? Yuk bantu kasih ide nya di kolom komentar! 

Salam,



41 comments

  1. Mbaaaaa, memang kreatif ya kalian 😄😄👍👍👍. Duuuh kalo masalah prakarya aku tuh dan suami paling ga bisa hahahahahaha. Makanya kalo disuruh menghias, mendingan bantuin aja deh. Ga kreatif blaaas kami.

    Kereen banget sepeda hias yg dibuat. Wajar sih dpt juara 1 😄👍

    Ga sabar liat THN ini bakal dihias apa sepedanya 😘. Ntr ceritain yaa.

    Tokped itu juga salah satu andalanku kalo belanja. Pokoknya cek barang yg mau dibeli dr Tokped dulu, baru kemudian cari market place lain kalo di Tokped ga ada.

    ReplyDelete
  2. mbaaaa kamu kok kreatif amat yaaaa, aku ga pernah ikutan lomba 17an karena mager wkwwwk

    ReplyDelete
  3. Whoooaaa, keren banget! Jadi teringat masa-masa SD dulu, seneng banget deh kalau pas ada acara karnaval dan sepeda hias untuk peringatan HUT RI. Rasanya ngga sabar untuk menunggu waktunya tiba, hehe...

    ReplyDelete
  4. Mbak Tia kreatif banget nih. Saya juga suka ikut lomba sepeda hias pas Agustusan. Btw, saya juga suka belanja di Tokopedia saat ada gratis ongkir dan cashback 50%

    ReplyDelete
  5. MashaAllah kreatif banget sih mbak, kegiatan ini emang butuh fokus yaa.. dengan fokus jadi keliatan banget hasilnya emang udah nggak diraguin lagi.. pasti si dedek happy banget itu, sepedanya di hias dengan sebagus itu

    ReplyDelete
  6. Salut, benar-benar niat banget menghias sepeda hias anaknya mba Tia dan Suami.
    Kebayang senang anaknya pas ikutan lomba sepeda hias, mana proses menghiasnya banyak pembelajaran juga. Keren.
    Belanja di Tokped memang yg terlengkap dan pilihan banget.

    ReplyDelete
  7. Gimana kalo tahun ini tema sepeda hiasnya tentang burung garuda mbak. Tapi kayanya susah sih bikinnya hahaha. Btw, aku juga lebih suka lho belanja di tokped karena pilihan pembayarannya banyak!

    ReplyDelete
  8. Banyak ide kreasi yang bisa dibentuk di sepeda hias. Jadi makin semarak deh peringatan HUT RI ya, juga bisa bikin semangat buat anak-anak

    ReplyDelete
  9. Dirimu emang terbaek kreatifitasnya saaayy, bagus banget sepeda hiasnya. Kalau saya mah yang begini-begini munduuurrr sampai paling belakang, kagak kreatif sama sekali mah, hahaha.
    Btw belanja di Tokopedia itu asyik, apalagi kalau pakai fitur CODnya.
    terbantukan banget ya di Agustusan gini, banyak banget yang harus kita butuhkan dan bisa dengan mudah diperoleh dari Tokopedia :)

    ReplyDelete
  10. Ini orangtuanya kreatif banget sihhh,
    Salut sama Mbak dan Suami,,,
    Semoga untuk perlombaan Sepeda Hias di Bulan Agustus ini bisa lebih meriah, dan bisa menyabet penghargaan yang lebih memuaskan ya
    AKu jadi teringat pas masih sekolah dulu pernah ada lomba sepeda hias, dan alhamdulillah beruntung untuk dapatin juaranya,
    Dibalik ittu, para kakak yang sibuk mendekorasi segala pernak pernik hiasan, heee

    ReplyDelete
  11. hasil akhirnya bagus bangettt, jadi kangen ikut lomba 17an hehehe

    ReplyDelete
  12. Kreatif banget mbaaa... tekun banget nih menghias sepeda sampai sebagus ini. Dulu waktu anak2 masih kecil, palingan saya klo menghias ya cuma dikasih kertas warna disuwir2 gitu hehehee...

    ReplyDelete
  13. Sepedanya lucu banget!!! Tujuh belasan ini memang waktunya ayah bunda mengeluarkan semua kreatifitas seni buat bantuin bocil-bocil yang sering ikutan karnaval/pawai tujuh belasan. :D

    ReplyDelete
  14. Wah bener-bener kreatif dan ambisius banget ya. Bahannya nggak banyak, mudah didapat cuman cara membuatnya nih harus telaten ya mbak. Hebat banget sampai bisa juara 1. Anak-anak pasti suka banget sih ini dan jadi ikutan semangat karena didukung orang tuanya, hehe.

    ReplyDelete
  15. Yuhuuuuuu! Mbak sekeluarga hebat nih sudah siap merayakan HUT Kemerdekaan RI. Mbak yang terutama keren banget deh bikin hiasan buat sepedanya makin keren. Anak-anak pasti bahagia, pantas saja dapat juaraaaa! Tokopedia memang andalan belanja online segala ada.

    ReplyDelete
  16. Ih seru banget yaaa ikutan lomba menghias sepeda gini, keponakan aku juga ada lomba menghias untuk ikutan lomba 17an, tapi menghiasnya celengan hihihi, lucu bangeeet

    ReplyDelete
  17. Wah keren banget hasilnya bun, inisih niat banget haha. Sayangnya anaku masih kecil nih jadi belum bisa ikutan acara begini.

    ReplyDelete
  18. Kok hasil akhirnya gemoy banget tuh sepeda. kayanya ga usah dikembalikan ke bentuk semula sepedanya, udah gitu aja dengan tempelan hiasannya.. asli keren dan kreatif banget

    ReplyDelete
  19. ide sepedanya menginspirasi sekali mba dan bagus-bagus ya, pasti naak-anak happy banget buat bareng dan melihatnya, warnanya juga karena kemerdekaan temanya jadinya eye catching banget merahs ama putih, lucu banget hasilnya

    ReplyDelete
  20. Wah kreatif ya menghiasnya. BTW aku bersyukur banget dulu, pas anakku kecil gak ada lomba sepeda hias buat Agustusan. Hahahha. Aku gabisa bantuinn ..

    ReplyDelete
  21. Wah, keren banget ide menghias sepedanya! Anak saya pasti senang banget kalau punya sepeda seunik itu. Kreativitasnya luar biasa! Hiasan sepedanya sangat detail dan mencerminkan semangat kemerdekaan. Salut!

    ReplyDelete
  22. Keren banget kak hiasan sepedanya. Tapi kyaknya itu tulisannya HUT RI ke 78 ya? Apa skrg diganti 79?

    ReplyDelete
  23. kreatif banget sih Mbak, wajar dong dapat juara ini ;)
    gak sia-sia emak bapaknya begadang buat mega project sepeda hias 17an Ananda tercinta :)
    jadi penasaran, Mamak bikin apa lagi nih tahun ini? share doong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin seperti ini waktu TK aku dulu
      Beneran juara juga
      Burungnya putih
      Sepedanya roda tiga hahaha

      Delete
  24. Mbak kok bisa kepikiran sih bikin hiasan sepeda seperti itu?? lucu banget, suka deh liat kreativitasnya. Btw tahun ini sepedanya dihias tema apa lagi mbak?

    ReplyDelete
  25. Segala ada memang kalau belanjanya pakai Tokopedia. Keren banget bentukan si sepeda hiasnya. Kreatif deh. Apa di perayaan tujuh belas agustus kali ini, bikin sepeda hias lagi, Mba? Penasaran sama bentuknya.

    ReplyDelete
  26. Mirip dengan sepeda saya waktu kecil (TK) dulu
    Dibuat burung juga
    Saya makin bangga sama orang tua yang suka effort seperti ini juga saat Agustusan
    Sekali setahun itu gak masalah kan ya hias hias, hehe

    ReplyDelete
  27. Bagus sepedanay di modif dan kreatif. Terheran heran kalo orang tua bisa meluangkan waktunya buat kaya gitu, heheh

    Newsartstory

    ReplyDelete
  28. Waah keren nih ayah bundanya kreatif banget! anaknya pasti seneng nih sepedanya bisa beda nuansa setiap tahun hehehe.. tapi kalau bukan pas ada event gitu jadinya suka minta dihias tidak sepedanya, kak? :D

    ReplyDelete
  29. Hehe kalimat seambisius itu, bikin ketawa. Keren ih kreatif dan niat banget. Jadi tahun ini buat hiasan apa?

    ReplyDelete
  30. Seruuu juga yaaaa!
    Nanti pas udah remaja kira kira apakah ada hias motor? Aduhhh udah sepeda aja deh yaa yang lebih ramah lingkungan :D

    ReplyDelete
  31. Aku pribadi hampir g pernah pke COD karena beberapa pengalaman kurang menyenangkan dari temen². Tapi aku setuju sih klo belanja OL bahan² sepeda hias lebih enak, krn klo belanja OF biasanya antri. 🤭

    ReplyDelete
  32. anaknya happy banget ya Mbak, bisa ikutan carnaval sepeda hias kayak gitu, Emak Bapaknya juga senang dong ya bisa berkreasi untuk anak. :)

    ReplyDelete
  33. Tokopedia memang mantap untuk memenuhi kebutuhan belanja online apapun, termasuk itu untuk membeli bahan-bahan pembuatan kerajinan

    ReplyDelete
  34. Mbak, kreatif banget! Anaknya juga kelihatan happy banget. Aku pasti happy sih kalau waktu kecil dibikin ibuku sepeda kayak gituu hehehe. Bisa tuh mbaknya tahun depan, buka jasa hias sepeda 😆😆

    ReplyDelete
  35. Wah, keren banget. Bisa bebikinan kekgini. Coba saya yang disuruh bikin. Mungkin seminggu brlum jadi-jadi

    ReplyDelete
  36. Seingatku, dari kecil aku sudah hobi nonton karnaval sepeda hias. Sekarang juga masih suka. Seruuuu. Tapi aku sendiri nggak pernah ikutan lomba sepeda hias.

    ReplyDelete
  37. Yeaayy seru. Tahun ini di perumahanku juga ada pawai sepeda hias. Kami udah beli hiasannya, eh anak2ku sakit jadi gak jadi ikutan deh.
    Semoga tahun depan bisa ikutan.
    Seru lihat anak2 dan bapak ibu berpawai muterin komplek gitu deh.

    ReplyDelete
  38. Iihh seru banget! Kreatif dan anak pun jadi happy. Pawai sepeda hias kayak gini pasti adaa aja keseruannya, dan macem-macem bentuknya yang bikin jadi bilang wow

    ReplyDelete
  39. satu keluarga kreatif banget sihhhhh ayah emak anak satu frekuensi dan desain sepedanya keren banget, merdeka....

    ReplyDelete
  40. Kereeennnn... Itu pasti di sekolahan ya, sekarang sekolah-sekolah bocil sudah lebih variatif lomba-lombanya ya, bisa mengasah kerjasama antar anak dan orangtua

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)