9 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Saat Liburan di Jepang

9 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Saat Liburan di Jepang


Panjangnya penerbangan Jakarta Jepang bakal terbayar lunas setelah mendaratkan kaki ke Negeri Matahari Terbit ini. Puas jalan-jalan dan menikmati keindahan alamnya, kini saatnya kamu berburu oleh-oleh khas Jepang untuk keluarga dan teman-teman di tanah air. 

Nah, supaya nggak bingung mau beli apa, daftar oleh-oleh berikut ini bisa kamu gunakan sebagai referensi. Simak, ya! 

Rekomendasi Jenis Oleh-Oleh Khas Jepang 

Berikut ini beberapa jenis buah tangan khas Jepang yang unik dan menarik untuk dijadikan oleh-oleh:

#1. Coklat Kit-Kat 

Memang sih produk ini bisa kamu temukan di Indonesia. Namun, ada beberapa varian rasa yang cuma bisa kamu temukan di Jepang. Bisa dibilang rasanya tuh unik-unik banget, contohnya rasa whole wheat, cheese cake, daifuku, melon, dan banyak lagi lainnya. 

Sayang banget kan kalau dilewatkan begitu saja? Soalnya selain bisa dijadikan oleh-oleh, cokelatnya juga asyik dicemil sendiri. 

#2. Matcha 

Yap, pecinta matcha nggak boleh melewatkan momentum berburu produk-produk varian matcha selama berada di tanah para samurai. Kamu bisa membeli bubuk matcha, cake matcha, es krim matcha, atau apapun yang kamu suka. Salah satunya di sebuah toko bernama Tsujiri di Tokyo yang terkenal dengan aneka produk matchanya. 

#3. Furikake 

Furikake adalah sejenis abon yang biasa ditambahkan dalam makanan sebagai pelengkap nasi atau lauk. Furikake biasanya dibuat dari berbagai jenis protein, seperti ayam, sapi, atau ikan. 

Bahan-bahan ini kemudian dimasak, dikeringkan, dihaluskan, dan dicampur dengan nori, gula, garam, biji wijen, telur kering, katsuobushi, dan bumbu-bumbu lainnya. Sekarang ini, furikake banyak dijual dengan aneka rasa dalam kemasan siap saji sehingga cocok dijadikan oleh-oleh buat yang di rumah. 

#4. Set Sumpit 

Bagi orang Jepang, sumpit bukan sekedar alat makan tapi juga jimat keberuntungan yang menghubungkan manusia dengan para dewa. Sumpit asli Jepang biasanya terbuat dari kayu atau bambu dan tersedia dalam berbagai desain yang menawan. 

Jadi, selain memiliki aspek fungsional, set sumpit asli Jepang ini juga bernilai dekoratif. Karena harganya cukup mahal, kamu bisa memberikannya ke orang terdekat saja. 

#5. Tenugui 

Tenugui adalah kain cetak tipis yang biasa orang Jepang gunakan sebagai sapu tangan, penutup kepala, celemek, atau bungkus kado. Produk ini bisa kamu temukan di hampir semua toko oleh-oleh, mulai dari toko di pinggir jalan sampai department store. Kalau masih ada waktu, kamu bisa memesannya custom, lho! 

#6. Merchandise Anime 

Jauh-jauh menempuh penerbangan Jakarta Jepang, sayang banget kalau kamu tidak melengkapi koleksi anime kesukaanmu selagi berada di sana. Ada banyak pilihan produk yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, seperti komik, manga, kaos, stationery, hingga action figure. Barang-barang ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di signature merchandise yang ada di sana. 

#7. Daruma 

Daruma adalah boneka yang diyakini bisa membawa keberuntungan. Daruma dicat dengan warna dominan merah dan berbentuk hampir bulat. Menurut sejarahnya, bentuk boneka ini terinspirasi dari seorang biarawan Budha yang mendirikan ajaran Zen. 

Nah, jangan kaget kalau Daruma yang kamu beli nggak ada gambar matanya. Sebab, pembeli yang ingin harapannya terkabul harus menggambar satu mata Daruma. Satu lainnya bisa digambar kalau harapan tersebut sudah tercapai. 

Karena makna di baliknya itulah, Daruma juga sering dibawa pulang oleh para wisatawan, bahkan tak jarang dijadikan oleh-oleh khas Jepang. Kamu juga dapat melakukan hal yang sama. Berikan Daruma kepada orang tersayang sebagai tanda bahwa kamu mendukungnya dalam mencapai semua mimpi dan harapan. 

Sama seperti Maneki Neko, Daruma juga dipercaya dapat membawa keberuntungan. Hanya saja jika Maneki Neko memiliki rupa yang lucu, Daruma ini memiliki tampilan yang sedikit garang. Bentuknya biasanya agak bulat lonjong dan didominasi dengan warna merah. 

Boneka atau mainan khas Jepang ini sendiri terinspirasi dari salah satu tokoh Buddha bernama Bodhidharma. Sepintas Daruma ini tampak mirip dengan Matryoshka, boneka asal Rusia 

#8. Alat Tulis 

Jepang menyimpan banyak hal mengagumkan, termasuk peralatan tulis yang unik dan lucu. Entah bentuk, motif, atau warnanya, detail peralatan tulis di sana nggak pernah fail. Kalau nggak ingat bakal untuk apa, rasanya pengen banget borong semuanya! Nah, itu sebabnya kamu bisa menjadikannya sebagai buah tangan untuk teman kantor atau keponakan kamu. Pasti deh mereka suka! 

#9. Tokyo Banana 

Bolu lembut berisi krim pisang ini wajib banget kamu beli kalau sedang bertandang ke Negeri Sakura. Meskipun judulnya pisang, tapi Tokyo Banana sebenarnya memiliki berbagai varian rasa. Mulai dari original, madu, kopi susu, puding pisang, dan maple. Selain itu, ada juga varian kukis, sandwich, cheese cake, butter madeleine, kamakura hangetsu, dan pie. Oleh-oleh yang satu ini bisa mudah kamu temukan di bandara, stasiun, maupun pusat perbelanjaan. 

Jadikan perjalanan kamu ke Tokyo tak terlupakan bersama Singapore Airlines. Dikenal dengan layanannya yang luar biasa, maskapai ini menawarkan berbagai macam sajian makanan dan hiburan yang lezat. Nikmati hidangan sembari melihat-lihat lebih dari 1.900 pilihan hiburan sesuai permintaan, termasuk film, acara TV, album musik, dan banyak lagi di KrisWorld, sistem hiburan dalam pesawat Singapore Airlines. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera pesan tiket penerbangan Jakarta ke Jepang  kamu dengan Singapore Airlines di sini!

Salam,


No comments

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)